Hello Sydney

Well setelah gelombang pandemi mereda, akhirnya ada kesempatan juga buat lanjut kerja, yang untungnya juga sekaligus ngasih kesempatan buat travel dan liat tempat-tempat baru. Dan akhirnya nginjek juga kaki di Australia, sayangnya sendiri aja sekarang karna agak susah ajak keluarga kalo anak-anak udah mulai sekolah SD gini, ada ujian etc yang gak bisa dilewat.

Enak banget deh buat jalan kaki keliling kota

Pergi ke Sydney bisa langsung direct dari Jakarta, kemaren berangkat pake Garuda tengah malem dari Jakarta, perjalanan direct sekitar 6 jam, langsung landing di Sydney. Jangan lupa kalo gak perlu gak usah bawa makanan daging etc karna di AU lagi sensitif takut ada penularan PMK dari hewan-hewan Indonesia kesana. Diluar itu sebetulnya proses imigrasi, landing, sampe bagasi lancar jaya, gak ribet, gak delay, airportnya relatif kecil dibanding SHIA tapi modern.

Enaknya di Sydney, lajur keretanya integrated dan well connected, jadi dari airport bisa langsung naik kereta sekitar 15 menit sampai Central area, yep airportnya deket ternyata sekitar 9 KM aja dari Central. Nah buat naik kereta ini beli kartu Opal atau bisa jg sih langsung pake credit card kalo udah pake versi yang tap (sayangnya aku masih pake versi traditional chip and swipe – walau bisa dipake disini tapi limited jadinya gak kayak tap yang bisa dipake di stasiun). Harganya mayan jg guys tapi ke Central 20 dollar, kemaren sampe ada Oppa kayaknya dari Europe terkaget-kaget jg denger 20 dollar karna disana biasa 5 euro udah bisa naik kereta sehari full. Jawaban mbaknya pas liat dia kaget “This is Australia” (tapi gak pake intonasi kayak film 300 sih).

Diluar itu di kotanya enak banget buat jalan kaki, kotanya ramah pedestrian, cantik banget juga bagian deket laut tempat ada Opera house. Ada tram di kota juga bisa buat jalan-jalan dikit, walau jalan kaki enak banget juga ini November suhu sekitar 20 derajat.

Kalo mau agak jauh bisa ke Bondi – sekitar 50 menitan naik bus dari cetral (murah kok 3 dollar), atau kalau mau naksi kayaknya 30 menit gak nyampe. Harusnya ada area-area lain jg sih yang seru, tapi karna travel sendiri lebih banyak main di tengah aja jalan kaki sana sini.

Bondi yang gak seru sih kalo sendirian gak sama anak-anak

Buat yang cari makanan ada Chinatown of course, plus juga kalo cari oleh-oleh cari di Market City aja deket Chinatown bisa setengah harga dari tempat oleh-oleh modern di tengah kota. Mayan jg guys harga-harganya beli gantungan kunci yang ada tangan kanggurunya sekitar 5 dollar (agak serem sih tapi ya unik jg). Kisaran beli baju kaos AU gitu ya 7-10 dollar yang bahan oleh-oleh, yang bagusan sekitar 20 dollar.

Bye for now Sydney!

Gak kerasa udah 3 hari, harus jalan lagi ke tempat berikutnya, Melbourne, mudah-mudahan se seru dan friendly Sydney jg yak.

Leave a comment