Posts by harimuji

Hundred of pages pages pages forward

Kompetisi Olahraga se-Hamburg Raya

Hari ini, adalah hari yang ditunggu-tunggu, khusunya sama Katya yang keliatan dari pagi ini udah seharian latihan mewarnai gambar, yang entah kenapa gambarnya iron man, yang seminggu terakhir ini setiap malem dia tonton di netflix, bukan versi avengers-nya sih tapi versi kartunnya gitu ada new series yang sampe sekarang udah ada 26 episode (sampe hafal gini).

Yes hari ini adalah hari dimana warga Indonesia se Jerman utara, lebay sih tapi memang wilayah konsulat Hamburg ini Jerman Utara, kumpul buat memperingati hari anak nasional, sekaligus hari kemerdekaan yang disegerakan, lebih cepat lebih baik kayaknya memang prinsip tim konsulat disini. Selain acara ramah tamah, dan unjuk bakat beberapa warga Indonesia, ada juga lomba-lomba buat anak dan juga buat orangtuanya.

Berhubung beberapa bulan terakhir ini saya mulai menggeluti olahraga catur, yang semakin mudah memang karna lewat software aja di iphone – lawannya bisa dimana aja dan kapan aja, daftarlah saya melawan master-master senior sini. Yah itung-itung nambah pengalaman. Oke metodenya baru nih, blitz, yang artinya dihitung waktu maksimal kita buat mikir sekaligus jalan adalah 5 menit, plus sialnya gak usah ngomong kalo kena skak, jadi out of nowhere bisa di bantai raja pake sniper nun jauh disana.

Pertandingan pertama. Lawannya bapak-bapak yang mukanya ceria. Jenggot putih menandakan kebijakan. Lansung lah tangan ini melangkah sotoy buka permainan. Satu langkah, dua langkah, dan sekitar 3 menit kemudian matilah sudah raja saya dibantai sama ratu bapak bijak berjenggot putih ini. Dan ternyata dia juara bertahan catur di Hamburg, yang kebetulan hari ini jadi juara juga. Halah.

Oke pertandingan berikutnya. Karna sistemnya round robin, jadi hari ini sekitar 10 pertandingan harus dijalani semua peserta melawan peserta-peserta yang ikutan lomba catur ini. Bapak ini juga berkacamata, rambut rapi, putih juga. Feeling-feeling gak enak nih, karna akrab sama bapak juara tadi. Dan ternyata benar saudara-saudara, mungkin temen sparing si bapak juara, tapi tiga menit kemudian raja saya juga modar dipenggal seluncur bapak yang dengan anggunnya melintasi papan catur, karna emang peraturannya gak perlu ngomong kalo skak.

Dan sepuluh pertandingan berlalu, empat menang enam kalah. Skip banget untung akhir tahun ini udah balik ke Indonesia, gak perlu menghadapi bapak-bapak penuh pengalaman dan tipudaya catur disini lagi tahun depan haha.

IMG_2905

Anyway, walaupun bapaknya hancur lebur jadi butiran debu di cabang catur, tapi Katya dapet juara satu di lomba mewarnai plus lomba makan kerupuk! Wow. Sayang Mischa gak bisa ikut lomba makan kerupuk juga, calon juara se-Indonesia padahal kayaknya lihat bakat makannya ini. Congratulations Katya!

Pertama kali nih dia jadi juara dan dapet hadiah. Semoga more to come ya Katya! Anak ini tapi jiwa kompetitifnya gede juga sih, harus bisa juga nanti nerima dengan santai pas gak bisa menang, dan yang ini kayaknya gak gampang buat diajarin sih.

PS: jangan komenin poni-nya ya, ini dia potong sendiri, entah dapet ide darimana.


 

Adobe … Kau Bukan yang Dulu Lagi

Baru sekarang saya denger yang namanya Adobe inDesign, disaat ada deadline buat bikin salahsatu marketing communication material, tapi males lewat agency karna butuh beberapa hari biasanya sampai beres, belum jutaan follow up lewat email buat dapet desain akhir yang dituju.

Berbekal kemampuan seadanya buat ngulik Photoshop di jaman kuliah dulu, akhirnya bismillah saya coba download sendiri inDesign, pake versi trial dulu aja siapa tau nanti gak cocok jadi gak terlanjur beli.

Setelah nyoba sofwarenya, wow hasilnya oke juga ya. Dan enak banget interfacenya, plus feature-featurenya. Ya iyalah namanya juga udah ke-skip berapa tahun pake software grafis, terakhir Corel X7 kayaknya yang lumayan sering dipake.

Menyenangkan tapi kembali ke dunia editing marketing material ini. Ada puasnya sendiri pas hasilnya udah jadi. Sedikit adjust sini sana, masukin content, nambah dikit-dikit accessories, voila jadilah satu poster buat project besok di Luxemburg. Terharu deh liat hasil bayi pertama saya dan inDesign ini. Langsung deh di print di tempel di cubicle buat kenang-kenangan.

LUX Chip and Pin rev4.4

Tapi disaat lagi sayang-sayangnya sama inDesign, pas mau coba cari cara beli, ternyata sekarang Adobe udah gak jual ketengan lagi. Jadi kalau mau beli harus langganan, sekitar 3,3 juta setahun. Hiks. Kalo mau sehidup semati sama inDesign, bisa bangkrut dong jadinya. Apakah aku harus lari ke abang DVD belakang kampus, lalu menariku?

Adobe oh adobe …

Tujuh Tahun Kemarin

Sebagai bagian dari generasi millenials, yang katanya gak bisa lepas dari social media dan smartphone, pagi ini saya menemukan satu foto yang menarik dari hasil fitur throwback di salahsatu dari beberapa social media yang memang ada dan rutin dibuka di smartphone sambil ngopi pagi. Seperti normalnya adegan flashback di film atau novel, pikiran saya juga melayang kembali ke beberapa tahun lampau, memutar balik rangkaian kejadian di sekitar kejadian yang terekam manis dalam rangkaian warna dalam foto.

Sekitar tujuh tahun yang lalu, beberapa hari sebelum hari ini, kami menyusuri jalanan lengang di kota Jakarta yang pastinya tidak sepi tapi jauh lebih menyenangkan, karna perasaan di dalam hati sendiri sih. Walaupun pasti tetap ada rasa deg-degan di dalam dada, yang semakin kencang rasanya ketika rumah yang dituju sudah terlihat. Sebuah rumah bertingkat dua, di daerah Cibubur sana. Rumah yang sudah beberapa kali saya kunjungi, hampir satu setengah bulan terakhir ini. Seakan mengulang memori pertama kali kedatangan saya kesini, mobil Suzuki Baleno merah, mobil pertama yang dicicil dari hasil kerja saat itu juga berhenti dan parkir di tempat yang sama.

Saya ingat waktu berjalan cepat, orangtua saya berbicara banyak topik disana, saya hanya duduk, tidak banyak berkata. Tapi pastinya senyum di mulut dan di dalam hati merekah lebar, mengingat akhirnya kesepakatan terjadi dalam diskusi singkat itu, bahwa akhir bulan ini, disetujui akan diadakan acara lamaran, antara saya dan Reti. Acara yang menjadi bagian penting dari perjalanan kisah kami yang waktu itu baru seumur jagung, tidak sampai dua bulan dari pertama kali kami mengganti status kami, juga di social media pastinya – maklum anak millenials. Singkat memang, tapi lebih dari cukup untuk meyakini diri saya, untuk melangkah bersama wanita yang lembut hatinya, cantik parasnya, cerdas pikirannya, dan gak pernah lepas senyum dari bibirnya. Untungnya Reti juga bisa yakin, alhamdulillah.


Ya! Dan setelah itu waktu berjalan cepat, dan menyenangkan pastinya. Sekarang tujuh tahun kemudian, kami di Hamburg sudah tidak lagi berdua, tapi bersama dua balita lucu, hasil beberapa cerita setelah peristiwa itu, yang nanti akan saya share lagi kalau ada reminder lain dari social media.What a beautiful day.

CD Player Ajaib BMW i3

Lagi berdua sama Reti di mobil BMW i3 pulang dari rapat orang tua murid di sekolah Katya, sambil denger musik jadul generasi 90an yang mengalun merdu dari speaker mobil.

Rifqi: Eh keren deh di BMW ini kalo dengerin lagu CD nya tinggal ditaro aja di dashboard! (Sambil nunjuk CD audio di dashboard, sayangnya lupa difoto jadi bayangin aja ya).

Reti: hah! Kok bisa! Ih keren banget! Gimana ya caranya?! Wih! Wow!

15 detik kemudian … dia sadar ini musik dari iphone bukan CD ajaib yang tinggal ditaro di dashboard langsung keluar musik hihihihi.

Untungnya dia cantik, lucu, dan baik hati :*

Berbagi Mobil di Jerman

Pernah bayangin jadi Tony Stark yang kalo mau berangkat tinggal milih mau pake mobil yang mana? At least selama mobilnya BMW atau Mini, di Jerman sini udah jadi bagian dari cara orang berkendara. Buat yang tinggal di tengah kota, susah parkir, dan gak perlu travel terlalu lama, lebih menguntungkan buat orang-orang sini buat pake car sharing apps. Pada dasarnya car sharing ini mirip skemanya sama rental mobil, tapi mobilnya ada dimana-mana, tinggal cari yang kita pengen, buka pintu, nyetir, pas sampai di tujuan tinggal parkir, selesai deh nanti appnya bakal ngitung berapa lama kita travel, keluar berapa yang harus di bayar langsung masuk ke tagihan credit card. Praktis ya. Jadi gak perlu beli mobil, gak perlu isi bensin, gak perlu ke bengkel buat maintenance, Cuma perlu dapet SIM sama daftar appnya.
Ada dua provider yang bersaing disini buat car sharing. Yang satu Mercedes yang punya app Car2Go, satunya BMW plus Mini yang punya app DriveNow. Harganya relatif sama, 25 euro cents per menit, tapi beda di pilihan kendaraan sama coverage business area nya. Mercedes ngasih kendaraan smart, yang lincah, gampang parkir, tapi limited buat 2 orang. BMW ngasih kendaraan yang lebih variatif dari tipe 1, 2, cabriolet, SUV, plus mini – tapi area networknya lebih kecil sedikit daripada Mercedes.

Tertarik coba? Kapan-kapan main ke Hamburg nanti kita muter-muter kota naik DriveNow ya hihi.

Football is Life!


Football is life! Kalo kata lagu yang dulu saya pernah denger, dan hafal, tapi entah kenapa gak tau siapa penyanyinya sama apa judul lagunya. Jaman SMP kalo gak salah, jaman Serie A masih seru dan disiarin setiap hari Minggu jam 8 malam. Jamannya Batistuta nendang free kick, bikin pager betis Lazio cedera pas kena bola, sampe harus berhenti dulu pertandingan.
Well sambil waktu jalan, semakin tua, semakin susah jadinya buat sisain waktu nonton bola. Jangankan yang dini hari, yang jam 9 malem aja udah ngantuk kayaknya pas nonton. Walaupun masih sering mantau lewat twitter, dikombinasi sama liat highlight di youtube, tetep aja Cuma satu per berapa nya dibanding waktu yang kepake buat nonton princess sama dua princess kecil di rumah.

Walaupun begitu, masih ada benih-benih cinta bola di dalam dada pemuda satu ini. Plus ada juga kesempatan yang pas, pas ada yang bisa jaga anak-anak, pas gak perlu visa, akhirnya jadilah rencana buat nonton UEFA cup final di Stockholm! Hore! Impulsive sih tapi kapan lagi nonton final, yang isinya ada MU, tim favorit jaman SMP dulu. Terpaksa rambut yang udah panjang ini di belah tengah sambil nyari baju nomer 7 punya Beckham. Semoga tempat duduknya nanti bukan diantara fans Ajax hihi.

Hasil Belajar Gambar Otodidak Katya (sejauh ini)

Itu Clowi. Kucing bikinan Katya, yang somehow dia bikin dengan percaya diri tanpa nyontek buku atau sumber gambar yang lain (papanya dulu saking ahlinya nyontek gambar sampe punya meja beralas lampu biar gampang jiplak gambar dari majalah bobo). Darimana inspirasinya hanya Katya yang tau jawabannya.

Tapi buat ukuran yang belajar sendiri, walaupun tiap hari sih dia menggambar, lumayan seru sih liat gambar-gambarnya sekarang.

Sabar ya Katya setahun lagi di Indo kita cari coach yang bener biar gambarnya lebih terarah, plus sekalian belajar tempate wajib anak Indonesia, dua gunung pake jalan di tengah-tengah.